Salah satu keluhan yg umum dialami pemakai CR1 & CR2 adalah bunyi tek-tek yang datang dari roda depan. Bunyinya seperti besi beradu dan muncul pada saat melewati jalan keriting atau berlubang, namun anehnya jika rem diinjak bunyi tersebut hilang.
Masalah ini biasanya bersumber dari baut kaliper rem depan yang sudah kocak/longgar dari rumah bautnya. Sangat dimaklumi terjadi, karena usia kendaraan yang rata-rata sudah diatas 5 tahun.


Untuk mendiagnosa masalah ini cukup mudah, parkirkan mobil pada jalan datar, luruskan setir, lepaskan handbrake, lalu dengan tangan tergenggam pukul-pukul roda depan (jangan velgnya ya). Jika ada bunyi seperti besi bergema maka dapat dipastikan baut kalipernya sudah longgar.


Bagaimana mengatasinya? Ada cara temporer & murah dan ada juga cara permanen tapi agak mahal. Cara temporer adalah dengan membongkar semua baut kaliper (biasanya bengkel biasa juga paham) jumlah bautnya 2 dikanan 2 dikiri. Lapisi keempat baut tersebut dengan solasi pvc (TBA) atau bisa juga dengan plat tipis kuningan (bengkel jogja menamakannya "LENA"). Setelah selesai pasang lagi semua bautnya. Jasa untuk bongkar pasang ini biasanya berkisar 50rb - 100ribuan.


Cara pertama tadi umumnya hanya bertahan 2 - 6 bulan tergantung pemakaian dan jalan yang dilalui. Dan biasanya akan kambuh lagi (ini sudah saya alami di CR1 & CR2 saya dulu). Terutama jika baut kaliper tersebut sudah sangat parah longgarnya.


Nah, yang lebih saya rekomendasikan adalah cara kedua, ini sudah saya praktekkan di CR2 2006 saya (setelah capek dgn cara pertama). Yaitu dengan membuat baut kaliper yang baru ke tukang bubut, disesuaikan presisinya dengan lubang kalipernya. Waktu itu saya kerjakan di KIA Jogja dengan biaya 300rb (mobil nginap 3hari). Alhamdulillah tidak kambuh lagi dan sempat saya tes Jogja-Jakarta 2x melewati jalur tengah yang ajrut-ajrutan bunyi tidak muncul lagi. Kebetulan CR2 sudah saya jual dan sampai saat tulisan ini tidak ada keluhan dari pemakainya. Sekarang saya upgrade ke CR2 2007 sepertinya baut kalipernya masih sehat 

 
Jika KIA ditempat agan tidak bisa mengerjakannya, cari saja tukang bubut yg profesional yg punya alat ukur dengan presisi hingga milimeter seharusnya bisa. Oya, rumah kalipernya juga harus dibongkar & diserahkan ke tukangnya.

Semoga tips ini berguna.


Rgds
Rofiq Siregar CC305
Powered by JogjaOtoTech - Spesialis Mobil Korea
Phone 0274-7152112 / 087739488880 


sumber : forum KIA Carens Owner @ Kaskus